Selasa, 13 November 2012

Arti Mimpi Menurut Agama Islam

Mimpi dalam Islam


Apa makna, tafsir, maksud atau arti mimpi saya? Apakah akan mempengaruhi masa depan saya? Tanya Tedi seputar mimpinya yang cukup panjang setelah tidur di pagi hari. Pertanyaan diajukan melalui email: alkhoirot@gmail.com

DAFTAR ISI
  1. Mimpi dalam Islam
  2. Mimpi Berjalan di Bukit
  3. Mimpi Melihat Kucing
  4. Mimpi Shalat Berjamaah Jadi Makmum dan Imam


TAFSIR MIMPI DALAM ISLAM
Assalamu'alaykum warohmatulloh wabarokatuh.

Perkenalkan, Nama saya Tedi (bukan nama sebenarnya--red) dari Banyuwangi, saya ingin mengetahui hal hal dibalik mimpi aneh yang baru saja saya alami dan masih sangat jelas bagaimana detail kejadian dalam mimpi tersebut. sebelumnya, saya ingin menanyakan, apakah Mimpi setelah sholat subuh itu memiliki Arti ataukah tidak ? Jika memang memiliki Arti, mohon penjelasannya. Mimpi saya terjadi sepulang saya dari jama'ah Sholat subuh di Masjid tadi pagi. Sebelum saya tidur, seperti biasa, membaca do'a dan tidak memikirkan apa apa karena saat itu memang tidak ada satu fikiran yang membebani.

Mimpinya kira kira begini, saat itu saya pergi ke suatu tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya bersama beberapa teman teman saya, kemudian saya tiba di sebuah tempat seperti pondok pesantren dimana disana ada Santri dan juga ada seorang Ulama/Kyai yang sudah agak tua namun saya juga tidak mengenalnya, tak lama kemudian saya duduk duduk dan dipanggil oleh Kyai tersebut, kami berbincang bincang sejenak kemudian beliau tiba tiba memegang kepala saya, beliau mengucapkan do'a do'a kemudian menghembus hembuskan nafas dari mulutnya ke kepala saya, seketika kepala saya menjadi terasa sangat ringan tiap kali beliau menghembuskan nafasnya dan rasanya sangat nyata sekali, setelah selesai beliau melihat saya dan tersenyum. kemudian saya dan teman-teman memutuskan untuk pulang, ketika pulang saya mencari cari dimana sepatu saya, sedangkan sepatu milik teman-teman saya masih di tempatnya dan hanya sepatu saya saja yang hilang, tiba tiba Kyai tersebut berbicara kepada saya bahwa sepatunya ada di belakang pondok pesantren dimana sepertinya termpat tersebut terhubung dengan pemilik pondok pesantren tersebut. sayapun kesana dan masih tidak menemukan sepatu saya dan pintu menuju kembali ke pesantren seperti ada yang sengaja menutup, tiba tiba ada satu jalan yang menuju masuk ke suatu rumah, sayapun masuk ke situ karena tak ada jalan lain. di dalam nya saya disambut dua orang gadis kakak beradik yang wajahnya mirip, keduanya cantik namun saya belum pernah mengenal atau bertemu seseorang yang wajahnya seperti itu. mereka melihat saya dengan penuh senyum. setelah itu salah satu dari mereka datang kepada saya, dia bilang kalo dia anak pertama dari Kyai pemilik Pondok pesantren tersebut, kemudian kami berbincang bincang entah apa saja yang diperbincangkan dan kemudian saya terbanyun dengan perasaan bahagia, padahal sesaat setelah saya bangun saya masih tidak dapat mengingat mimpi yang telah saya alami tadi.

Sebelumnya saya mohon maaf jika konsultasi saya panjang lebar seperti ini, karena saya memang mengingat detail tentang mimpi saya tersebut dan saya sangat penasaran tentang Arti mimpi tersebut.

Saya tunggu email balasan dari Ustadz,
Shukran Katsir Ya Ustadz...

Wassalamu'alaykum warohmatulloh wabarokatuh...

Tedi,
Banyuwangi.

JAWABAN

Walaikumsalam wr. wb.

Dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari Muslim (muttafaq alaih) Nabi bersabda:

الرؤيا الصالحة من الله، والرؤيا السوء من الشيطان، فمن رأى رؤيا فكره منها شيئاً فلينفث عن يساره ثلاثاً، وليتعوذ بالله من الشيطان لا تضره، ولا يخبر بها أحداً، فإن رأى رؤيا حسنة فليبشر بها ولا يخبر إلا من يحب

Artinya: Mimpi yang baik itu dari Allah sedang mimpi buruk itu dari setan. Barangsiapa bermimpi buruk, kemudian meludah ke kiri (tanpa keluar air ludah) tiga kali dan mengucapkan ta'awwudz (yaitu, ucapan audzubillahi minasyaitanirrojim), maka syaitan tidak akan mengganggunya dan hendaknya tidak memberitahu siapapun. Dan barangsiapa yang bermimpi baik, maka bergembiralah dan jangan meberitahu kecuali pada orang yang kamu senangi.

Dari hadits di atas, ada dua hal yang bisa kita ambil pelajaran. Pertama, bahwa mimpi baik atau buruk itu dapat memengaruhi perasaan kita setelah bangun. Oleh karena itu, dianjurkan membaca doa sebelum tidur agar terhindar dari mimpi buruk yang hanya akan membuat kita merasa tidak bahagia.

Dalam hadits lain Nabi bersabda:


الرؤيا ثلاثة، من الرحمن ومن الشيطان وحديث نفس

Artinya, mimpi itu ada tiga: dari Allah, dari syaitan dan dari diri sendiri.

Umumnya mimpi memiliki kemungkinan berasal dari syaitan atau dari diri sendiri. Karena, hanya satu yang pasti benarnya yaitu apabila bermimpi bertemu Rasulullah, karena wajah Rasulullah tidak dapat ditiru.

Namun demikian, mimpi bertemu Rasulullah tidak menjamin itu betul-betul Nabi. Walaupun syaitan tidak dapat meniru wajah Nabi, tetapi syaitan dapat saja mengaku-ngaku sebagai Nabi. Toh, tidak ada seorangpun dari kita yang mengetahui wajah Nabi Muhammad itu seperti apa. Oleh karena itu, yang paling aman adalah tidak usah menanggapi mimpi. Mimpi apapun itu lebih besar kemungkinan berasal dari setan atau sekedar ilusi pribadi.

Kedua, bahwa mimpi itu tidak berhubungan dengan masa depan kita. Mimpi tidak dapat dijadikan pertanda yang memengaruhi masa depan. Begitu juga, mimpi tidak dapat dijadikan dalil syariah atau duniawi untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu. Karena Islam sudah meletakkan dasar aturan yang jelas dalam Quran dan Hadits tentang kewajiban dan larangan dan itu bersifat final.

Oleh karena itu, lupakan mimpi anda. Dan teruslah melangkah menyongsong masa depan dengan kerja keras, visi yang jelas dan ketaatan total pada Allah dan Rasul-Nya.

Semoga bermanfaat.

___________________________________________________________


MIMPI BERJALAN DI BUKIT

Asslamualaikum wr.wb
Ustad saya mau tanyak mimpih saya aneh saya tidak ngerti dengan mimpi saya padahal sebelum tidur saya sudah baca doa tidur, surat Al-Ikhlas 7x Al- falaq an-nas dan ayat Qursi, mimpi saya saya di melihat meja besi berputar dan di beri dan calon kakak ipar saya memberi guci kecil yang warnanya keemasan di dalamnya berisi gelang mas dan kain warna biru itu apa ya ustad saya sering bermimpi waran biru... kadang kuning dan terkadang warna hijau oaya ustad semalam saya juga bermimpi saya berjalan di suatau tempat yang penuh bukit disana saya memakai kain sembayang atau telekung dangan kawan selesai solat bistu renana saya saya mau cari telukum saya yang tertinggal di bukit2 situ tapi tidak dapat tiba tiba saya melihat ada 3 bayangan hitm sepert hantu kami pun berlalri mencari tempet yang terang samapi tempat seperti jalan raya saya melihat orang bermaksiat banyak sekali apa ya ustat artinya.. mohon dijawabya...
wassalamualaikum wr.wb

JAWABAN KE-2

Pertama perlu diketahui bahwa mimpi yang sebelum tidur membaca berbagai macam bacaan ayat Quran tidak atau belum menjamin bahwa mimpinya mengandung kebenaran.

Kedua, mimpi-mimpi Anda tergolong mimpi halusinasi yang merupakan representasi dari kegalauan pikiran Anda terhadap kenyataan. Hadapi kenyataan dan permasalahan yang Anda hadapi dan menjadi pemikiran Anda serta cari solusinya. Insyaallah mimpi-mimpi itu tidak akan lagi mengganggu Anda.

___________________________________________________________


MIMPI MELIHAT KUCING

assalamu'alaikum wr. wb.

perkenalkan pak ustad, nama saya indah. mohon maaf sebelumnya pak ustad. kemarin sore, sesudah solat ashar, saya bermimpi melihat kucing 3 ekor: belang 3 dominan hitam, belang 3 dominan putih, dan yang satu lagi saya tidak jelas apa jenis kucingnya.. awalnyaa, saya didampingi kucing belang tiga dominan putih, sementara 2 kucing lainnya menunggu tidak jauh dari saya. lalu, kemudian kucing belang 3 yang dominan itu menyerang kucing belang 3 dominan hitam.. lalu berkelahi.. saat itu saya khawatir sekali mereka terluka, jadi saya lerai, tapi sesaat kemudian saya malah diserang oleh kucing yang tidak jelas jenisnya itu dan menggigit lengan saya,dan setelah itu kucing belang 3 dominan hitam juga menyerang dan menggigit paha saya. saya terbangun dan anehnya merasakan agak nyeri di sekitar paha yang di serang kucing tadi, tapi saya kemudian tidur lagi.

pak utad.. saya tidur setelah sholat ashar,dan sehabis mengaji,serta dzikir... sholat sunah rawatibnya juga gak ketinggalan.. apakah ini gangguan setan pak ustad??

mohon dijelaskan makna mimpi saya pak ustad...
terimakasih sebelumnya pak ustad

wassalam

JAWABAN MIMPI MELIHAT KUCING

Tidur di waktu sore setelah Ashar hukumnya makruh (tidak baik) menurut pendapat ulama fiqih. Salah sebabnya adalah karena tidur pada waktu Ashar akan berakibat kurang baik pada akal (syaraf) manusia. Lihat rujukannya: Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannafu Ibnu Ibi Syaibah V/339; Ibnu Muflih dalam Al-Adab Asy-Syar'iyyah III/159; Ibnu Abi Ya'la dalam Tabaqat al-Hanabilah I/122.

Intinya, mimpi Anda kemungkinan besar adalah mimpi tanpa makna yang disebabkan oleh tidur yang bukan waktunya.

_______________________________________________________________


MIMPI SHALAT BERJAMAAH JADI MAKMUM DAN IMAM

Assalamualaikum,

Terlebih dahulu saya memohon maaf jika mengganggu. Saya Z dari Malaysia terlihat penjelasan saudara berkenaan mimpi..Saya ada satu mimpi yang saya alami pada awal usia remaja.. sekitar umur 13-14 tahun...sekarang umur saya ialah 32 tahun..apa yang peliknya mimpi itu saya masih ingat sampai sekarang..Saya bermimpi berada di dalam satu masjid untuk satu solat fardu 4 rakaat...dimana kebanyakkan jemaahnya ada para pria/remaja seusia dengan saya pada waktu itu.Lalu apabila imam memulakan takbir dan solat pun bermula..Pada rakaat pertama tiada apa yg berlaku....tetapi bila tiba di rakaat kedua yg sepatutnya ada tahiyyat awal...sebahagian daripada makmun tidak mengikut imam dan terus bangun untuk rakaat ketiga..Pada ketika ini terdapat 2 kumpulan...satu yg mengikut imam dan satu lagi tidak.

Pada rakaat ketiga, imam pula terus tahiyyat akhir bersama dengan kesemua makmum yang mengikutnya tadi kecuali saya. Saya mufarakoh dari imam dan terus bangun ke rakaat ke empat..sedang saya di rakaat ke empat, kesemua makmun td bersama imam telah sedar dengan kesilapan masing-masing. Lalu keadaan menjadi kecoh dan kelam kabut..Tiba-tiba semua mata tertumpu pada saya yg masih solat..lalu mereka berkata...kita ikut dia...dia betul..Lalu saya menjadi imam untuk mereka.

Saya mohon tafsiran saudara jika saudara dapat menafsirkannya..
Insya Allah..Terima kasih banyak

Hamba Allah,
Z

JAWABAN

Seperti diuraikan dalam topik Mimpi dalam Islam bahwa mimpi itu umumnya berasal dari syaitan atau perkara yang menjadi fikiran sebelum tidur. Karena itu, secara umum saya ingin siapapun yang bermimpi agar tidak terlalu kkawatir tentang mimpinya.

Memang ada mimpi yang benar yaitu mimpi yang berasal dari Allah. Tapi itu jarang sekali terjadi. Dan tidak ada yang tahu dari sekian ribu mimpi yang kita alami, mana mimpi yang benar dari Allah.

Namun demikian, kalau saudara ingin mendapat tafsiran dari mimpi saudara--terlepas dari benar atau tidaknya mimpi tersebut--, berikut pejelasannya:

Saudara dalam mimpi tersebut disimbolkan/digambarkan sebagai sosok muslim yang teguh pendirian yang tidak mudah mengikuti arus perilaku yang salah walaupun banyak orang telah mengikuti perilaku yang salah tersebut. Karena itu, saudara akhirnya diangkat menjadi pemimpin oleh banyak orang karena hanya pribadi yang kuat yang akan menjadi pemimpin.

Namun walaupun memiliki pendirian yang kuat dan teguh, namun saudara kurang dalam ber-amar makruf dan nahi munkar. Terbukti saudara diam saja saat imam melakukan kesalahan. Padahal dalam Islam, makmum berkewajiban untuk mengingatkan imam apabila imam melakukan kesalahan.

Kesimpulan dari mimpi ini adalah: apabila saudara ingin menjadi seorang muslim yang baik, maka sikap teguh pendirian saja tidak cukup. Ia harus disertai dengan keberanian dan kemauan untuk mengingatkan perilaku yang salah yang dilakukan oleh sesama muslim. Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar