Wednesday, November 14, 2012

PIlkada Jabar

RMOL. Sebagai salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, Jawa Barat menjadi patokan dalam Pemilu dan Pilpres. Partai mana saja yang berhasil memenangkan suara di Jawa Barat, besar kemungkinan menang dalam Pemilu dan Pilpres.

Karena itu, tidak heran, bila tanah Pasundan ini menjadi incaran semua partai, tidak terkecuali PDI Perjuangan. Dan Pilkada Jawa Barat yang akan digelar pada 2012 menjadi perhatian serius partai berlambang banteng moncong putih ini.

"Untuk itu kita betul-betul menjaring calon yang berpeluang besar menang dalam Pilkada Jawa Barat nanti. Kriteria calon untuk dicalonkan dari partai PDI Perjuangan adalah orang yang berkualitas dan  rajin turun menemui rakyat," kata Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Pertahanan, Keamanan dan Hubungan Internasional, Andreas Hugo Pareira, dalam jumpa pers di Hotel Haris, Bandung, Jawa Barat (Senin, 12/12).

Saat ini, lanjut Andreas, sudah ada lima calon yang mendaftarkan diri ke DPD PDI Perjuangan Jawa Barat. Tiga berasal dari kader partai dan dua orang lainnya bukan kader partai. PDI Perjuangan pun masih membuka peluang dan membuka pendaftaran diri kepada pihak lain yang mau maju dalam Pilkada Jawa Barat.

Selain kelima calon yang sudah mendaftarkan diri, masih kata Andreas, PDI Perjuangan mempunyai kader yang berpeluang besar untuk dicalokan. Yaitu Rieke Diah Pitaloka, yang kini duduk di Komisi IX DPR dan sering memperjuangkan nasib buruh.

"Rieke punya kemampuan, populer, dan punya citra positif di publik. Rieke juga memiliki modal sosial dan modal politik yang tinggi. Bila dia maju cost-nya juga akan kecil, sebab Rieke punya jaringan, tinggal bagaimana dia mendapat dukungan dan kalau itu terpenuhi, maka tidak sulit untuk menang," demikian Andreas. [ysa]

0 comments:

Post a Comment